15.1.11

dari Pak Rapik:"Panah dan Busur" oleh Kahlil Gibran

saya suka sekali guru-guru saya di sini. *berpikir sejenak* oke, ralat. saya suka sekali beberapa guru di sini. terutama yang suka ngasih advice, both direct or undirectly. Pak Rapik, guru bahasa Indonesia saya, adalah salah satu contohnya. boleh jadi, karena saya ini gila motivasi, sedikit simple advice saja bisa bikin saya klepek-klepek kayak liat cowok cakep *in fact, saya nggak klepek2 kalo liat cowok cakep* terkadang saya langsung kepikiran untuk posting itu advice. seperti yang satu ini :
"seharusnya, orangtua itu tidak memaksakan kehendak mereka kepada anak-anaknya. seyogyanya, mereka membiarkan anak mereka berkembang dengan alami. mereka tinggal mendukung, baiknya dengan menjadi motivator. syukur-syukur kalau bisa dengan dorongan finansial pula. seperti analogi dari Kahlil Gibran. anak adalah panah, dan busurnya adalah orangtuanya. orangtua sewajarnya tidak mengikutkan anaknya les matematika ketika anaknya harus remedial di pelajaran itu dan justru menghilangkan jadwal les musik yang begitu disenangi anaknya karena menganggap itu sebagai salah satu hambatan. kalau anak sudah tak bisa matematika, jangan dipaksakan bisa. dorong ia untuk menekuni musik yang ia senangi dan kuasai. orangtua itu tugasnya memberi dorongan seperti busur. biarkan anak melesat jauh dengan bebas selayaknya panah."
begitu kata Pak Rapik waktu ngajar di kelas saya pekan ini. nggak serinci itu sebenernya *soalnya saya ngarang aja, hehe*. tapi garis besarnya gitu.
bukan berarti saya tergolong anak yang nggak didukung ortu. tapi, barangkali memang saya yang harus mencari peluang lain, bukan yang satu ini. yang saya senangi. yang sulit bagi orangtua saya untuk bisa mendukung dengan maksimal.
"bisa jadi apa yang kau suka itu tidak baik untukmu, tapi barangkali yang tak kau suka itu justru lebih baik"
untuk beberapa hal, saya bisa sependapat dengan quote ini. tapi untuk beberapa yang lain, saya tidak akan setuju. hehe

Quotes-Lover

1 comment:

  1. weee, nice blog... very informative article and cool template... saling berkunjung

    ReplyDelete